Minggu, Desember 09, 2007

DKD SIAP SUPPORT SASTRA

DKD SIAP SUPPORT SASTRA

"Komunitas ini silahkan dilanjutkan dan diberdayakan," demikian Kelik Suwarno mengatakan dalam pengantar perbincangan di acara "Ngobrol Bareng Penulis Pekalongan" bertema kreativitas dalam kepenulisan di aula Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan, Minggu (2/12). Kegiatan ini diadakan oleh Komunitas Rumah Imaji bekerja sama dengan Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan ini diikuti oleh 26 peserta. Selain enam penulis Pekalongan yang telah memunculkan karya di media massa, kegiatan ini dihadiri oleh tujuh orang anggota DKD. "Target kami hanya 20 peserta agar perbincangan lebih efektif. Tapi kami susah buat menolak peserta yang mendaftar belakangan," demikian ungkap Aveus Har, koordinator kegiatan tersebut.
Dalam kesempatan ini pula Kelik menyatakan DKD Kabupaten Pekalongan siap untuk mensupport kegiatan sastra di daerah.

Menurut Ketua DKD Kabupaten Pekalongan ini, selama ini kegiatan sastra di daerah Pekalongan memang belum optimal. Untuk itu DKD menyambut baik setiap kegiatan berkesenian yang dilakukan oleh masyarakat. Untuk mewadahi kreativitas tersebut DKD siap menyediakan ruang untuk kegiatan sastra di gedung kesenian yang sedang dibangun.

"Kami siap membantu," tegasnya. DKD, menurut Kelik, masih memiliki dana yang siap untuk dikucurkan dalam kegiatan berkesenian.

Sementara itu Aveus Har, menyambut baik dan siap untuk bekerja sama dalam rangka meningkatkan potensi daerah dalam penulisan kreatif. Kegiatan-kegiatan yang telah disusun oleh Komunitas Rumah Imaji segera akan diajukan ke DKD untuk mendapat masukan. Kegiatan tersebut meliputi penerbitan, pelatihan dan lomba penulisan kreatif yang terangkum dalam tema "Pekalongan Menulis".

"Proposal telah siap," demikian Aveus Har menyatakan. "Kami berharap kegiatan-kegiatan ini kelak bisa bermanfaat untuk menggairahkan minat penulisan kreatif di daerah. "Dan bisa bersaing di tingkat nasional."

(Dikirim utk Suara merdeka, nggak tahu dimuat kagak....)

Tidak ada komentar: