Senin, Juni 02, 2008

menciptakan atmosfir sastra


Oleh: Erik


Assalamualaikum wr. Wb.
APA KABAR INDONESIA??ALHAMDULILLAH! ALLHUAKBAR!!!UARBIASA

!!
Waduh jadi inget sama temen-temen waktu masih muda. Bro, ane mo crita neh about pertemuan kita beberapa hare yang lalu. Padahal ama mz boz ane da di kasih amanah wat bikin notulen rapat waktu itu, tapi berhubung yang ada orek-oreke malah dibawa beliau (malah ilang katanya, astaghfirullah...) jadi ya beliau kasih wasiat(kok?) untuk bikin suka-suka ane aje. Jadinye ye kaye gine (lho???)

Acara kita waktu hari Ahad, 25 Mei 2008, di rumah Bunda Ina dan Pak Huda (panggilan sayang wat sesepuh kita, hehe Θ_ Θ) isinya LPJ penerbitan bunga rampai CIKAL (alhamdulillah dah selesai, tinggal tunggu launching), bedah karya buram, bincang sastra bersama Jalaindra (dari Bandung lho bro), dan rencana keberlangsungan hidup KRI.

Nah sekarang nyok kita bahas atu-atu. LPJ dulu ya... waduh, apaan nyang mo di tulis dulu ya? (Anu aja dech, yang terlibat wae)Nah, dalam buram kita yang pertama ini kita g berdiri sendiri. Selain karya dari temen-temen KRI (ehm...! ehm...!), ada juga dari FLp Pekalongan (wui....h), 8 SMp(he..he...he...), dan 9 SMA (ha...ha...ha...).sebenere c masih banyak yang pengen ngirim, tapi dah telat, jadi ya maap.....

Naskah yang masuk ada sejumlah 508 cerpen dan 614 puisi (ceileh....banyak amir? Amir aja g banyak). Tapi karena dialokasikan 100 halaman aja, so Cuma ada 12 cerpen & 20 puisi. Btw anyway busway, wat temen-temen yg naskahnya ga ato mungkin lum dimuat, kita balikin seutuhnya dech. Kagak kita korupsi.

Nah..., kalo pengen tau ada apa aja di CIKAL, makanya beli...(lho? Kan belum launching).tungguin dech tanggal mainnya dan SELAMAT MENIKMATI!!
Menginjak acara yang kedua(hush! Acara kok di injak?), bedah karya CIKAL (eh dari tadi narsis ya? CIKALnya gede semua? Yuk...)ada mas fandy, mas abdul syukur, mas ave, mas jalaindra, mas dien, mbak yosi sekalian, mbak khuza, eryk, pak gufron muda, bunda ina dan pak huda(yaiyalah...kan tuan&nyonya rumah). Kita saling gantian baca puisi(kayak gerobak art-nya hysteria comuniti, eh tuuuuut, ga boleh sebut merek ya boz? Maap lagi dech) dan ngebahas beberapa puisi yang ada dalam CIKAL.pokoknye wat nyang kagak dateng mah, rugi berat atuh.

Wah akhirnya..... Di sesi ketiga ini kita bincang sastra ama mas jalaindra pak huda. Nah ane mo protes ama maz boz neh, abis temanya berat dan panjang. Kalo kagak salah MENCIPTAKAN ATMOSFIR SASTRA UNTUK PRODUKTIFITAS BERKARYA. wah, ane mah ampe ne ari juga belon ngeh ama tuh tema. Lah meneketehe aja dah, ane makmum. Berangkat!!
Sebenere c banyak yang di sampein pak huda dan mas jala (eh, mas indra. ?. maksude mas jalaindra). Tapi ane lupa naroh catetanya dimana. Jadi minta tulung wat akhi n ukhti sekalian untuk mengirimkan hasil laporanya, eh hasil rangkumanya untuk melengkapi tulisan ini ya...Ini nich yang lebih berat lagi (dari tadi berat mulu, kapan anti ngeh nya sich?) menyusun masa depan KRI, eh lo kata maz bos bukan menyusun, tapi memformat masa depan KRI. Intinya sich, mas bos (kayaknya temen yang lain juga iya sich), pengen nyusun kepengurusan yang lebih tertata. Jangan ampe beliau kerja rodi lagi kayak kemaren. Jadi beliau mo nyususn kembali beberapa jabatan penting dalam KRI. Yaitu, ketua, sekretaris & humas, bendahara, difisi cerpen, difisi cerpen, difisi penulisan lain, dan difisi pengembangan & pengkaderan (meski setiap kita adalah misionaris, itu kata mas boz lho, bukan ane). Nah untuk lebih memantapkan kerja masing-masing orang, silakan antum semua mikir mo milih di difisi mana, teyus di pertemuan yang akan datang, kita bahas bareng.

Selain untuk membentuk kepengurusan, beliau (atas usul para sesepuh) merencanakan untuk mengadakan kerjasama dengan Balai Lapangan Kerja. Jadi selain pelatihan sastra (waduh, bakal tambah berat lagi neh. Ehm.. ehm...)sekalian ada pelatihan kerjanya. Terus beliau juga mengusulkan untuk mengajukan proposal kegiatan Workshop penulisan cerpen dan puisi, serta proposal kegiatan lomba menulis cerita rakyat/ daerah kabupaten pekalongan (hayo lo) kepada DKD.

Nah belon lama ini, mas bos mengajukan usulan untuk mengadakan kegiatan bincang sastra lagi, bahkan kalo bisa dijadiin sebagai acara rutin KRI. Tapi mending kita bahas di pertemuan yang akan datang aja kali ye.


kurang lebih itu yang bisa ane inpormasikan. Kalo ada yang kurang ya tulung ditambahin ya pren. Bisa di posting ke blog, ato kirim ke e-mailnya KRI. Tapi lo mo masukin ke e-mail ane juga ga papa ko, kirim ja ke eryka_isnaeni@yahoo.co.id. Nah, udah tahu khan capa nyang nulis? Makanya amburadul gini, hehe.... Btw anyway busway, ane minta maap ye, mbo’an ada salah ketik, entah itu nama, gelar, singkatan, maupun alamat. Bahkan mbo’an ada kata-kata yang g enak dibaca juga maap y.
JAYA TERUS, INDONESIA!!!!
Wassalamualaikum wr.wb

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Yuts, daw palagpat imo blog.