Senin, Agustus 11, 2008

Jangan terperangkap kotak!


Jangan terperangkap kotak!

Oleh: Aveus Har


Ketika aku mengajak seorang anak kota madya pekalongan untuk ikut kegiatan di FLP, dia membalas dengan balik bertanya, “Itu komunitas kabupaten atau kotamadya?”, aku merasa aneh. Hei, apa bedanya?

Lalu timbullah keinginanku untuk menulis ini buat kita semua: Jangan terperangkap kotak! Entah kotak itu bernama kabupaten, kotamadya, organisasi atau apapun. Kenapa? Karena pemikiran sempit seperti itu membuat kreatifitas kita bagai katak dalam tempurung.

Makanya aku juga nggak keberatan ketika Situ Khuza aktif di FLP (di mana aku sampai sekarang masih tercatat sebagai anggota). Aku juga bersmsan dan berinteraksi dengan penulis-penulis di Komunitas Pena Batang, dan ikut di kegiatan-kegiatan mereka. Lumayan akrab dengan Kawe Shamudra, Sulistiyo Suparno, Sugito, Waskito, Fazyani yang merupakan motor KP di samping banyak nama lain (he he he… maaf gak nyebutin semua…)

Artinya apa? Ayolah, Komunitas Rumah Imaji memang rumah kita, tapi melalanglah kemanapun. Malah aku ingin semua orang berguru sampai ke negeri China, dan tolong nantinya kita bagi-bagi ilmu di Komunitas Rumah Imaji. Kita share kan di sini.

Komonitas kita ini memang lagi krisis penggerak. Karena kita tidak mengikat anggota. Aku memang tidak suka formalitas untuk KRI. Kita punya administratif, tapi kita tidak harus mengukung diri dalam aturan-aturan yang membelenggu. Artinya, biar saja KRI menjadi komunitas terbuka. Siapa saja boleh mengaku sebagai anggota KRI meski hanya sekali ikut pertemuan misalnya. Tapi tetap saja kita butuh ‘motor’. Butuh beberapa orang yang menjadi tulang punggung kegiatan komunitas. Aku bersyukur masih ada Siti Khuza yang meski banyak kegiatan (di kampus dan organisasi dakwah), masih mau menjadi motor. Aku bersyukur ada senior macam Khairul Huda dan Ina Huda yang masih mau mensupport. Bersyukur ada banyak orang yang peduli dan akan peduli.

Dalam rangka menembus sekat-sekat kotak ini kita bikin FORUM BERSAMA. Rencana forum bersama ini akan melibatkan Tim Majalah Sekolah WAHANA SMA N.1 Kajen, Komunitas Rumah Imaji, dan Forum Lingkar Pena Pekalongan. Forum ini terbuka untuk umum sehingga tidak menutup kemungkinan nantinya akan tergabung dari organisasi, sekolah atau ‘kotak-kotak’ lain. Dengan begitu, bola salju akan kian membesar dan kelak kita akan bisa menikmati ‘saling belajar’ dari semua kotak yang ada.

Untuk yang ingin ikut berpartisipasi, silahkah hubungi Siti Khuzaiyah 085659676149.

Ayo… kita melangkah bersama!

Tidak ada komentar: